Halaman

Minggu, 01 Desember 2019

Hakikat Media Massa

Media massa merupakan salah satu alat dalam proses komunikasi massa, karena media massa mampu menjangkau khalayak yang lebih luas dan relatif banyak, heterogen, anonim, pesannya bersifat abstrak dan terpencar. Pengertian Media Massa sangat luas. McQuail berpendapat, media massa merupakan perangkat-perangkat yang diorganisir untuk berkomunikasi secara terbuka pada situasi yang berjarak kepada khalayak luas dalam waktu yang relatif singkat. Menurut Bungin (2006:7), Media massa adalah media komunikasi dan informasi yang melakukan penyebaran informasi secara massa dan dapat diakses oleh masyarakat secara manual. Selain itu, Media massa juga merupakan salah satu sarana memenuhi kebutuhan manusia akan infomasi maupun hiburan. Merupakan salah satu elemen penting dalam proses komunikasi massa. 

Menurut Leksikon Komunikasi (Pradnya Paramita, 1984), media massa adalah sarana penyampai pesan yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas misalnya radio, televisi, dan surat kabar. Kata Media adalah bentuk jamak dari medium yang berarti tengah atau perantara. Massa berasal dari bahasa Inggris yaitu mass yang berarti kelompok, kumpulan, atau orang banyak. 

Masih menurut KBBI, media massa adalah “sarana dan saluran resmi sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat luas”. Dengan demikian, pengertian media massa adalah perantara atau alat-alat yang digunakan oleh massa dalam hubungannya satu sama lain (Soehadi, 1978:38).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar