Halaman

Jumat, 06 Desember 2019

Jenis- jenis Iklan dan Contohnya


Ada banyak sekali jenis iklan yang sering kita lihat selama ini. Dari jenisnya, iklan dapat dibagi berdasarkan isi, media, dan sifat iklan itu sendiri.

1. Iklan Berdasarkan Isi
a. Iklan Pemberitahuan (Pengumuman)
Yaitu iklan yang bertujuan untuk menarik perhatian khalayak melalui informasi atau pemberitahuan tertentu. Misalnay saja iklan pemberitahuan duka cita atau reuni alumni sekolah.



b. Iklan Penawaran (Niaga)
Yaitu iklan yang bertujuan untuk menawarkan produk atau jasa kepada khalayak ramai. Contoh iklan ini misalnya iklan sepatu, iklan smartphone, iklan jasa kurir, iklan laundry, dan lain sebagainya.


c. Iklan Layanan Masyarakat
Berbeda dengan dua jenis iklan sebelumnya, iklan layanan masyarakat bertujuan memberikan informasi atau edukasi kepada masyarakat mengenai isu atau topik tertentu. Iklan layanan masyarakat ini biasanya dibuat oleh lembaga atau instansi pemerintah atau organisasi non-profit. 




2. Iklan Berdasarkan Media
Selanjutnya, jenis iklan berdasarkan media yang dipakai terdiri dari :
a. Iklan Cetak
Sesuai dengan namanya, iklan cetak adalah jenis iklan yang dipasang di media menggunakan teknik cetak, baik itu dengan cara laser, sablon, letterpress, dan lain- lain. Contoh dari iklan cetak antara lain adalah Koran, tabloid, stiker, poster, brosur, dan lain sebagainya. 



b. Iklan Elektronik
Kebalikannya dari iklan cetak, iklan elektronik memanfaatkan media berbasis perangkat elektronik, seperti televisi, radio, film, dan media digital interaktif (internet). Masing- masing dari perangkat elektronik ini mempunyai karakteristik yang berbeda- beda.

- Iklan Radio : mengandalkan kekuatan suara karena hanya bisa didengarkan saja. Contoh iklan radio adalah sponsor program, spot, dan ad-lib.

- Iklan Televisi : iklan dengan media yang bisa menggunakan kombinasi unsur suara, gerak, teks, dan gambar sehingga pesan iklan lebih tersampaikan kepada audience. Contoh iklan televisi antara lain live action, stop action, musik, sponsor program, running text, credit title, animation, promo ads, backdrop, ad-lib, dan superimposed.

- Iklan Film : iklan yang muncul saat kita tengah menonton sebuah film di bioskop. Iklan yang ditayangkan dalam jenis ini antara lain live action, dan endorsement.

- Iklan Media Digital : jenis iklan yang tayang di berbagai media online. Beberapa contoh dari jenis iklan ini antara lain banner website, sponsorship, search engine marketing, email marketing, native ads, social media ads, dan masih banyak lagi.

- Iklan Luar Ruang : jenis iklan elektronik yang menjangkau khalayak ramai di luar ruangan. Contoh dari iklan ini adalah iklan transit, mobile billboard, LED display, outdoor standar, dan masih banyak lainnya.



3. Jenis iklan Berdasarkan Tujuannya
Bagian terakhir dari artikel ini adalah jenis iklan berdasarkan tujuannya, yaitu iklan komersial dan iklan non-komersial. 
a. Iklan Komersial 
Karena bersifat komersial, maka sudah pasti tujuan dari jenis iklan ini adalah untuk mencari keuntungan ekonomi, atau meningkatkan penjualan. Iklan komersial ini sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu :
- Iklan Konsumen, ditujukan kepada end customer atau konsumen akhir sebuah produk.
- Iklan Bisnis, ditujukan kepada pihak yang bisa mengolah atau menjual produk kembali ke end customer.
- Iklan Profesional, yaitu iklan yang ditujukan untuk segmen tertentu dalam kelompok professional.

b. Iklan Non-Komersial 
Kebalikannya dari iklan komersial, goal utama dari iklan non komersial adalah untuk membagikan informasi dan edukasi terhadap khalayak. Iklan ini tidak memikirkan keuntungan secara ekonomi, namun lebih ke arah sosial. Tujuan yang ingin dicapai dari iklan ini adalah peningkatan pengetahuan, kesadaran, sikap, dan perubahan perilaku masyarakat terhadap isu yang diiklankan. Salah satu contoh dari iklan non-komersial adalah iklan masyarakat untuk kampanye keluarga berencana, kampanye hemat listrik atau kampanye makan ikan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar