Halaman

Senin, 02 Desember 2019

Jenis, Karakteristik dan Fungsi Teks Opini dalam Media Cetak

A. Jenis teks opini dalam media cetak
Teks opini ini biasanya muncul pada surat kabar atau majalah dan isi dari teks opini tersebut umumnya berupa pendapat seseorang (misalnya kiriman dari pembaca) atau dari pihak redaktur media berita itu sendiri. 


B. Karakteristik Teks Opini Dalam Media Cetak
1. Struktur Teks Opini
Sebenarnya teks editorial ini tidak memiliki struktur yang pasti karena pada faktanya teks editorial yang bisa dibaca di media masa tidak bisa dikategorikan dalam satu jenis struktur tunggal. Akan tetapi, di sekolah biasanya diajarkan mengenai struktur dasar dari teks editorial yang tersusun menjadi 3 bagian, yakni:
a. Pernyataan Pendapat (Tesis)
pernyataan pendapat (tesis) yaitu salah satu bagian berisi sudut pandang penulis mengenai masalah yang dibahas. Biasanya juga sebuah teori yang akan diperkuat oleh argumen.

b. Argumentasi 
argumentasi yaitu salah satu alasan atau sebuah bukti yang digunakan guna memperkuat pernyataan dalam tesis, walau secara umum argumentasi diartikan untuk menolak suatu pendapat. Argumen ini bisa berbentuk pertanyaan umum atau data hasil penelitian, pernyataan para ahli, maupun fakta-fakta berdasarkan referensi yang bisa dipercaya.

c. Penyataan atau Penegasan Ulang 
Menurut Reiteration pernyataan atau penegasan ulang merupakan salah satu bagian berisi penegasan ulang pendapat yang didorong oleh fakta di bagian argumentasi guna memperkuat atau menegaskan. Ada pada bagian akhir teks.

Meski demikian, banyak sekali teks editorial yang strukturnya tidak runut seperti yang disebutkan diatas, adakalanya argumentasi ditulis di awal teks yang disusul dengan pernyataan pendapat, pernyataan ulang pendapat dan penutup, atau bahkan teks editorial diawali dengan sebuah abstraksi yang memaparkan terlebih dahulu fakta-fakta yang digunakan.

2. Ciri-ciri Teks Opini
Terdapat 7 ciri-ciri teks opini, yaitu:
a. Berisi fakta umum dan pendapat pribadi penulis.
b. Bersifat analisis.
c. Menggunakan pemikiran logis dalam menyampaikan pendapat
d. Di tulis dalam perspektif tertentu untuk mengungkapkan kebenaran pendapat sehingga jika dilihat dari perspektif yang berbeda, kebenaran tersebut bisa bermakna lain atau malah sebaliknya.
e. Dimulai dari pemaparan fakta umum terlebih dahulu dan kemudian disusul dengan pemaparan pendapat. Hal ini bisa terjadi sebaliknya. Lebih jelasnya simak pada bagian penjelasan tentang struktur teks editorial.
f. Bersifat argumentatif sehingga teks ini bisa saja disebut sebagai teks argumentatif atau berisi pemaparan argumen/pendapat/gagasan.
g. Menggunakan kaidah kebahasaan tertentu sebagaimana yang akan dijelaskan pada bagian berikutnya.


C. Fungsi Teks Opini Dalam Media Cetak
Secara umum terdapat 5 fungsi teks opini, yaitu:
1. Menyampaikan aspirasi/pendapat kepada publik melalui jalur intelektual yang bersifat dialektis dan tanpa kekerasan.
2. Pendapat/gagasan dalam teks opini bersifat analitik berdasarkan fakta dan logika pemikiran sehingga teks ini lebih dari sekedar berita.
3. Teks opini berfungsi sebagai sarana edukatif bagi publik pembaca.
4. Tak jarang teks opini berisi kritik dan solusi sebagai tindak lanjut dari analisis yang terangkum dalam pernyataan pendapat/gagasan.
5.Teks opini yang bermutu bisa menjadi acuan untuk memperbaiki keadaan sosial, politik, budaya, agama, dan segala aspek kemanusiaan yang sedang menjadi permasalahan hangat di kalangan masyarakat.


E. Contoh Teks Opini Dalam Media Cetak 
1. Surat kabar 
Surat kabar merupakan media cetak yang terbit setiap hari secara teratur. Surat Kabar berasal dari kata press yang diambil dari istilah asing, tetapi kerap dipakai dalam Bahasa Indonesia. Artinya ditulis press yang berati percetakan atau mesin cetak. Mesin cetak inilah yang memungkinkan terbitnya surat kabar, sehingga orang mengatakan pers itu adalah persurat kabaran. Tulisan dalam bentuk berita, artikel, feature (cerita interest atau profil), tajuk. Informasi yang disajikan lengkap menjawab rumusan 5W+1H. Isi inforrmasi ditunjukan untuk mempengaruhi atau mempersuasikan secara rasional/pikiran. Surat kabar harian memiliki kelebihan lebih khusus lagi bila dibandingkan dengan media cetak lain. sesuai periodesasi terbitnya, informasi surat kabar harian diterima pembaca setiap hari sehingga informasi diperoleh terus secara berkesinambunga. Informasi yang disampaikan surat kabar lebih lengkap dibanding radio dan televisi.

2. Karikatur 
Sebuah gambar wajah seseorang yangdiekspresikan secara berlebihan. Karikatur digolongkan sebagai opini karena karikatur yang biasa ditampilkan dalam surat kabar bersifat menyindir dan berfungsi untuk mengekspresikan sikap tidak setuju terhadap peraturan pemerintah. Karikatur digunakan oleh seorang jurnalis sebagai opini redaksi media yang memuat kelucuan atau humor yang ditujukan untuk kritik sosial dan kemudian dipublikasikan kepada masyarakat melalui surat kabar.

3. Buletin
Buletin adalah media cetak berupa majalah yang berisis warta singkat atau pernyataan tertulis yang diditerbitkan secara periodik oleh suatu organisasi. Fungsi: Memberikan informasi mengenai kegiatan-kegiatan baik yang diselenggarakan di lingkungan tentang perkembangan suatu topik atau aspek tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar