Halaman

Minggu, 01 Desember 2019

Jenis-jenis Media Massa

Jenis media massa dibagi menjadi 2, media massa berdasarkan bentuk dan media massa berdasarkan skala. 

A. Media Massa Berdasarkan Bentuk
Media ini dibagi menjadi 3, yaitu:
1. Media Cetak (Printed media)
Media cetak merupakan media tertua yang ada dimuka bumi. Medai cetak berasal dari media yang disebut dengan Acta Diuna dan Acta Senatus dikerjakan romawi, kemudian berkembang pesat setelah Johanes. Guttenberg menemukan mesin cetak hingga kini sudah beragam bentuknya, seperti surat kabar, tabloid, dan majalah. Media cetak adalah segala barang cetak yang dipergunakan sebagai sarana penyampaian pesan. 

Penemu pertama media cetak adalah Johannes Guttenberg pada tahun 1455 terutama di Negara Eropa. Perkembangan awal terlihat dari penggunaan daun atau tanah liat sebagai medium, bentuk media sampai percetakan. Gutenberg mulai mencetak Bible melalui teknologi cetak yang telah ditemukannya. Teknologi mesin cetak Gutenberg mendorong juga peningkatan produksi buku menjadi hitungan yang tidak sedikit. Lanjutan dari perkembangan awal media cetak adalah dimana perkembangan teknologi yang belum berkembang, yaitu media cetakdibuat memakai mesin tik untuk membuat suatu iklan produk sedangkan gambar-gambar atau animasi yang memperbagus iklan produk itu dibuats ecara manual dengan menggunakan pena.

Tanda-tanda perkembangan media cetak adalah melek huruf (kemampuan untuk baca-tulis). Memang melek huruf adalah kondisi yang dipunyai oleh kaum elite. Bahasa yang berkembangpun hanya beberapa bahasa pokok, bahasa latin–misalnya. 

Media cetak juga memiliki kelebihan dibanding media elektronik. Kelebihan media cetak secara umum dibanding media elektronik terletak dari “daya tahan” informasi. Dari berbagai jenis media massa, media cetak memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh media lain. Hasil cetakan tersebut permanen dan bisa disimpan sehingga pembaca bisa mengulanginyasampai mengerti isi pesan yang disampaikan, tanpa biaya tambahan. Contoh media massa, antara lain:

a. Surat kabar

Surat kabar merupakan media cetak yang terbit setiap hari secara teratur. Surat Kabar berasal dari kata press yang diambil dari istilah asing, tetapi kerap dipakai dalam Bahasa Indonesia. Artinya ditulis press yang berati percetakan atau mesin cetak. Mesin cetak inilah yang memungkinkan terbitnya surat kabar, sehingga orang mengatakan pers itu adalah persurat kabaran. Tulisan dalam bentuk berita, artikel, feature (cerita interest atau profil), tajuk. Informasi yang disajikan lengkap menjawab rumusan 5W+1H. Isi inforrmasi ditunjukan untuk mempengaruhi atau mempersuasikan secara rasional/pikiran. Surat kabar harian memiliki kelebihan lebih khusus lagi bila dibandingkan dengan media cetak lain. sesuai periodesasi terbitnya, informasi surat kabar harian diterima pembaca setiap hari sehingga informasi diperoleh terus secara berkesinambunga. Informasi yang disampaikan surat kabar lebih lengkap dibanding radio dan televisi. Fungsinya:
1. Publishing the news (menerbitkan/menyiarkan berita/informasi).
2. Commeting On the news (memberikan komentar terhadap suatu berita/informasi).
3. Entertaining Readers (menghibur pembaca).
4. Helping Readers (tips untuk pembaca bagaimana cara melakukan sesuatu).
5. Publishing Advertising (menerbitkan/menyiarkan barang dan jasa yang ditawarkan kepada publik dengan menyewa ruang dan waktu)

b. Majalah

Majalah adalah media yang digunakan untuk menghasilkan gagasan feature dan publisitas bergambar untuk bahan referensi di masa mendatang. Majalah adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik dan pandangan tentang topik aktual yang patut diketahui pembaca. Kelebihan majalah adalah menyajikan informasi tidak hanya 5W+1H, tetapi tuntas dengan bahasan dari berbagai sisi, dicetak dengan kertas yang menarik dan berkualitas, sehingga mampu menampilkan gambar yang menarik, publikasi khusus. Sementara kelemahnya pesan tidak bisa segera diperoleh publik, harganya relatif mahal serta biaya produksi lebih mahal dibanding surat kabar. Fungsinya:
1. Majalah sebagai media komunikasi.
2. Majalah sebagai penyalur aspirasi setiap orang.
3. Majalah sebagai penyemai demokrasi.
4. Majalah sebagai media promosi.
5. Majalah sebagai media pembelajaran berbasis baca-tulis.
6. Majalah sebagai media penyaluran bakat dalam bidang penulisan.
7. Majalah sebagai peningkatan kreatifitas.
8. Majalah sebagai penghibur.

c. Tabloid

Tabloid adalah surat kabar ukuran kecil yang banyak memuat berita secara singkat, padat, dan bergambar. Fungsinya:
1. To Inform (Untuk Menginformasikan).
2. To educate (Untuk Mendidik/Pendidikan).
3. To entertaining (Untuk Hiburan).

d. Buletin

Buletin adalah media cetak berupa majalah yang berisis warta singkat atau pernyataan tertulis yang diditerbitkan secara periodik oleh suatu organisasi. Fungsinya yaitu memberikan informasi mengenai kegiatan-kegiatan baik yang diselenggarakan di lingkungan tentang perkembangan suatu topik atau aspek tertentu.



2. Media Elektronik
Media Elektronik adalah sarana komunikasi yang mempergunakan peralatan elektronik sebagai perantara dalam penyampaian informasi. Berikut adalah beberapa contoh media elektronik dan fungsinya:

a. Televisi

Televisi adalah media yang mampu menyajikan pesan dalam bentuk suara, gerak, pandangan dan warna secara bersamaan, sehingga mampu menstumuli indra pendengaran dan penglihatan. Televisi juga merupakan sistem penyiaran gambar yang disertai dengan bunyi melalui kabael atau melalui angkasa dengan menggunakan alat yang mengubah cahaya dan bunyi menjadi gelombang listrik. 

Kelebihan televisi ialah mampu menampilkan hal menarik yang ditangkap oleh indera pendengaran dan penglihatan, mampu menampilkan secara detil suatu peristiwa/kejadian, suatu produk dan pembicara, karena memempengaruhi dua indera sekaligus, maka efek persuasinya lebih kuat ketimbang media lainnya, jumlah pemirsanya lebih banyak, sehingga ia merupakan media yang paling populer. 

Kekurangan adalah biaya produksi mahal, waktu yang dibutuhkan untuk proses produksi sampai selesai sangat lama, khalayak sangat heterogen, peralatan peliputannya sangat mahal dan rumit. Fungsinya:
1. Sebagai sarana memperoleh informasi aktual dan faktual.
2. Sebagai sarana hiburan seperti tontonan film, musik, dan humor.
3. Sebagai sarana menyampaikan pendapat dan berbagi.
4. Sebagai media belajar seperti tv education dan program siaran pendidikan.

b. Radio

Radio adalah media yang menyampaikan pesan melalui stimuli indera pendengaran. Radia juga adalah siaran suara atau bunyi melallui udara. Kelebihan radio adalah isi pesanbisa cepat/langsung diterima publiknya, pesannya mempunyai kekuatan mempersuasi secara emosional, proses produksinya sederhana dan fleksibel, khalayaknya khusus, harga pesawatnya tidak mahal dan mudah dibawah-bawa, siarannya bisa diterima dimana saja, biaya produksi rendah, bisa menjangkau wilayah yang sulit bahkan melalui batas negara, isi pesan bisa dipahami siapapun juga termasuk yang tidak mampu membaca. 

Kekurangan ialah isi pesan cepat berlalu dan tidak bisa diulang kembali, bila tidak digarap dengan baik, mak dengan mudah pendengar bisa langsung memindahkan gelombang radionya, umpan balik membutuhkan waktu yang lama, sehingga sulit untuk melakaukan evaluasi. Fungsi :sebagai sarana penyampaian informasi, dan untuk menghibur misalnya musik, humor serta berita dan berbagai informasi lainnya.

c. Handphone

Handphone adalah alat elektronik atau mekanik dengan fungsi praktis. Fungsinya:
1. Sebagai alat hitung (menggantikan kalkulator).
2. Sebagai alat bantu menterjemah bahasa secara digital.
3. Sebagai sarana bimbingan siswa.
4. Sebagai alat mengambil gambar/foto untuk bahan belajar.
5. Ponsel kini bisa disamakan dengan komputer kecil – bisa mengecek email, melakukan pencarian online, dan merekam podcast. Sementara kebanyakan sekolah di daerah tak mampu memberikan komputer untuk tiap murid. Ponsel menjadi salah satu alternatif.
6. Para guru bisa membuat blog (web log, catatan di situs internet) lewat ponsel.
7. Para siswa bisa mencari informasi pembelajaran di internet lewat ponsel.

d. Komputer

Komputer adalah alat elektornik ototomatis yang dapat menghitung atau mengelola menurut instruki dan memmberikan hasil pengelolaan serta dapat menjalankan sistem multimedia. Fungsinya:
1. Sebagai sarana mempermudah kerja
2. Sarana Komunikasi
3. Alat Hiburan
4. Alat Pendidikan
5. Sarana Informasi.


3. Media Online
a. Internet
Internet (portmanteau dari interconnected network) adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Fungsinya:
1. Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan.
2. Sebagai sumber tambahan Pelajaran Yang belum di mengerti di Sekolah.
3. Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-cara Penggunaan Komputer.
4. Sebagai Sarana Komunikasi.



B. Media Massa Berdasarkan Skala
Media ini dibagi menjadi 4, yaitu:
1. Media Lokal

Media lokal memiliki kedekatan dengan khalayak setempat. Media lokal memiliki kelebihan karena dapat mengangkat potensi yang ada di daerah tersebut, termasuk budaya dan kearifan lokal yang ada dalam masyarakat. Contoh: Aditv Jogja, Radio Istra, Radio JJ.fm (surabaya), Globa.fm Bali (Denpasar).

2.Media regional
Hasil gambar untuk suara merdeka
Salah satu contoh dari media regional yang ada di Indonesia, yaitu: Surat kabar harian "Suara Merdeka", yang merupakan surat kabar regional terbesar di Jawa Tengah yang terbit pertaman kali pada tahun 1950. Awalnya koran ini menjangkau pembaca dibeberapa wilayah di Jawa Tengah seperti Semarang, Solo dan Kudus.

3. Media Nasional

Salah satu contoh media nasional adalah Radio Republik Indonesia (RRI). Jaringan radio Indonesia tersebut merupakan radio yang memiliki jaringan berita nasional. Radio Jakarta News, Sonora, Prambros adalah radio yang melakukan siaran dalam skala nasional. 

4. Media Internasional

Voice of Indonesia adalah contoh difisi media internasional untuk penyiaran luar negeri.

2 komentar: