Halaman

Sabtu, 30 November 2019

Apa Itu Surat Kabar?

Halo guys, kalian pasti pernah membaca surat kabar kan? Surat kabar merupakan sumber informasi yang sangat penting di kehidupan sekarang ini untuk memberikan kita informasi yang lagi update nih guys. Sekarang kita bisa menjumpai surat kabar di berbagai media massa, seperti di media cetak atau elektronik, sudah canggih bukan? Nah, jadi apasih yang dimaksud surat kabar itu? 

Dahuku kala, asal-usul kata Koran berasal dari bahasa Belanda ‘Krant’, dari bahasa Perancis ‘courant’. Koran sendiri memiliki arti suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. Topik dalam surat kabar bisa berupa politik, kriminalitas, olahraga, dan cuaca. Surat kabar biasanya juga berisi karikatur yang dijadikan bahan sindiran lewat gambar berkenaan dengan masalah-masalah tertentu, selain berisi karikatur surat kabar juga berisi tts dan hiburan lainnya.

Untuk memahami lebih lanjut tentang surat kabar, kita dapat melihat pengertian-pengertian surat kabar menurut para ahli, apa saja? berikut penjelasannya.

Menurut Onong Uchjana Effendy (1993:241), Surat kabar adalah lembaran tercetak yang memuat laporan yang terjadi di masyarakat dengan ciri-ciri terbit secara periodik, bersifat umum, isinya termasa dan aktual mengenai informasi apa saja dan dimana saja.

Menurut Gunadi (1998), surat kabar adalah media komunikasi yang memuat serba serbi pemberitaan, meliputi bidang politik, ekonomi, sosial budaya maupun pertahanan dan keamanan. Masyarakat mengenal surat kabar dengan sebutan Koran.

Sudah jelas bukan apa yang dimaksud dengan surat kabar? Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar