Halaman

Sabtu, 30 November 2019

Ragam dan Klasifikasi Berita


Halo sahabat mata pena, hari ini kita akan memperdalam pembahasan kita mengenai berita. Berbicara mengenai berita tentu teman-teman harus tahu terlebih dahulu memahami apa pengertian dari berita. Teman-teman bisa membaca artikel mata pena yang membahas definisi berita terlebih dahulu, jika sudah mendapatkan pemahaman mengenai pengertian berita maka kita akan mulai membahas ragam dan klasifikasi berita, mari simak penjelasan berikut ini.
Berita diklasifikasikan kedalam tiga jenis. Klasifikasi berita berdasarkan bentuk penulisannya, berita berdasarkan bentuk media massa, dan berita berdasarkan skala media massa. Dalam klasifikasi berita berdasarkan bentuk penulisannya, ada dua ragam bentuk berita, yaitu hard news dan soft news. Hard news merupakan berita langsung, apa adanya, ditulis secara singkat dan lugas, sedangkan soft news merupakan berita yang seringkali menitikberatkan pada hal-hal yang menakjubkan atau mengherankan pemirsa atau pembaca.
Ragam berita berdasarkan bentuk jenis media terbagi dalam 3, yaitu: media cetak, media elektronik, dan media online. Media cetak adalah media komunikasi massa dalam bentuk lembaran kertas berisi tulisan dan gambar yang dicetak. Contoh media cetak yaitu koran, majalah, dan tabloid. Media elektronik elektronik adalah media yang menyajikan informasi dalam format suara (audio) dan gambar (visual) dengan menggunakan teknologi elektro. Yang termasuk dalam media elektronik, antara lain radio, televisi dan lain-lain. Media online atau media daring adalah sarana publikasi informasi yang melalui situs web di internet. Media online disebut juga situs berita, media siber (cyber media), media internet, dan media digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar