Halaman

Sabtu, 30 November 2019

Definisi Blog

        Blog merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum yang ditulis berdasarkan kronologis waktu. Blog juga merupakan jenis situs web yang dikembangkan dan dikelola oleh individu dengan menggunakan perangkat lunak (software) online atau platform host yang mudah digunakan sebagai ruang untuk menulis. Blog merupakan singkatan dari “web log”. Situs web ini dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
     Pengertian blog menurut Computer Glossary of Terms merupakan sebuah jurnal yang tersedia di internet. Aktivitas yang dilakukan pada blog disebut dengan aktivitas blogging, sedangkan orang yang melakukan aktivitas blogging disebut dengan seorang blogger. Roger Yim (San Francisco 2001), juga merumuskan pengertian dari blog yaitu blog merupakan persilangan antara diary seseorang yang disimpan di internet. Namun, Scott Rosenberg menyimpulkan bahwa blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang intropektif dari sekadar sebuah diary yang disusun di internet.
     Selain sebagai media dalam mempublikasikan tulisan seorang blogger, blog juga dapat menampilkan publikasi online instan dan mengajak publik untuk membaca sekaligus memberikan umpan balik sebagai komentar. Isi kiriman ke blogselain berupa tulisan dapat pula ditambahkan gambar, video, bahkan bisa pula mengunggah file, sehingga pengunjung dapat mengunduh file yang blogger masukan. Berdasarkan penjelasan mengenai pengertian blog dari beberapa ahli, maka kelompok penulis mendefinisikan bahwa blog merupakan tulisan atau catatan pribadi seseorang yang dipublikasikan ke dalam media online yaitu blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar