Halaman

Jumat, 29 November 2019

Penyusunan Media Selembar

Media selembar atau lebih sering dikenal sebagai newsletter termasuk dalam media massa. Newsletter atau majalah perusahaan/ bulletin merupakan sarana bagi perusahaan atau organisasi untuk menyampaikan informasi dari manajemen organisasi atau perushaan kepada anggota organisasi atau kepada konsumen.

Rumanti (2004:119) menyebutkan bahwa newsletter merupakan sebuah tipe in house jurnal yang berisikan inti sari berita-berita (berita yang singkat) ukurannya bisa sama dengan majalah pada umumnya hanya jumlah halamannya yang lebih sedikit. Akan tetapi, menurut Ruslan (2010:196) menyebutkan bahwa newsletter merupakan media informasi atau siaran berita yang singkat, ditujukan kepada pembaca yang sibuk atau tidak memiliki waktu yang banyak untuk membaca berita yang terlalu panjang dan terperinci. Menurut Kriyantono (2009:162) menjelaskan newsletter merupakan in house journal yakni terbitan berkala yang diperuntukan untuk kalangan sendiri.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas, maka kelompok kami menyimpulkan bahwa media selembar (newsletter) adalah sebuah media cetak yang berisi tentang berita-berita singkat dengan jumlah halamannya lebih sedikit atau selembar. Agar menghasilkan sebuah media selembar atau newsletter yang menarik dan berbeda dari media cetak yang lain, perlu diperhatikan ciri-ciri dari newsletter.

Ciri-cirinya antara lain: 
- Pertama, Berisi informasi atau berita yang sesuai dengan minat pembacanya (anggota perusahaan/ organisasi/ lembaga/ komunitas lainnya). Seperti yang telah diketahui, newsletter berfungsi menawarkan jasa atau barang dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu, pihak perusahaan harus mengerti seberapa besar minat pembaca sehingga informasi yang ditampilkan dalam newsletter sesuai dengan minta pembacanya. 
- Kedua, Berisi informasi mengenai kegiatan perusahaan/ organisasi/ lembaga komunitas lainnya. Di dalam newsletter berisi berbagai informasi atau kegiatan suatu organisasi. Informasi yang disajikan dalam newsletter bisa berupa kegiatan di luar perusahaan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya yang tercantum secara ringkas dalam newsletter ini. Dalam menyampaikan informasi kepada pembaca, newsletter ditulis secara rinci dan singkat dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembacanya. 


Langkah-langkah penyuntingan dapat digunakan aplikasi Microsoft Office Publisher. sebagai berikut: 
1. Klik start all program Ms Office, Microsoft Office Publisher;


2. Pada getting started pilih newsletter, kemudian double klik;


3. Pilih salah satu designs yang diperlukan; 


4. Kemudian klik dua kali dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini;


5. Klik gambar yang akan dirubah, kemudian edit dan masukan gambar;


6. Jangan lupa atur juga backgroundnya;


7. Kemudian atur page ke-2 dan 3 sesuai dengan yang diperlukan;


8. Atur juga page ke-4;


9. Sebelum diprint out, agar kita tahu newsletternya sudah benar atau belum, kita print review terlebih dahulu.


10. Setelah kita rasa newsletter sudah benar, kita bisa mencetak newsletter tersebut;


Itulah cara mengelola newsletter dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office Publisher.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar