Halaman

Minggu, 17 November 2019

Hakikat, Fungsi, Mamfaat, dan Jenis-Jenis Blog

      Anda pasti sudah sering mendengar tentang blog. Namun, jika Anda melontarkan pertanyaan, seperti 'Apa itu blog?’, maka hanya segelintir orang yang bisa menjawabnya dengan benar dan tepat. Di artikel ini kami akan membahas informasi seputar blog.


A.  Hakikat Blog

Blog merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum yang ditulis berdasarkan kronologis waktu. Blog juga merupakan jenis situs web yang dikembangkan dan dikelola oleh individu dengan menggunakan perangkat lunak (software) online atau platform host yang mudah digunakan sebagai ruang untuk menulis. Blog merupakan singkatan dari “web log”. Situs web ini dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Pengertian blog menurut Computer Glossary of Terms merupakan sebuah jurnal yang tersedia di internet. Aktivitas yang dilakukan pada blog disebut dengan aktivitas blogging, sedangkan orang yang melakukan aktivitas blogging disebut dengan seorang blogger. Roger Yim (San Francisco 2001), juga merumuskan pengertian dari blog yaitu blog merupakan persilangan antara diary seseorang yang disimpan di internet. Namun, Scott Rosenberg menyimpulkan bahwa blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang intropektif dari sekadar sebuah diary yang disusun di internet. Selain sebagai media dalam mempublikasikan tulisan seorang blogger, blog juga dapat menampilkan publikasi online instan dan mengajak publik untuk membaca sekaligus memberikan umpan balik sebagai komentar. Isi kiriman ke blogselain berupa tulisan dapat puladitambahkan gambar, video, bahkan bisa pula mengunggah file, sehingga pengunjung dapat mengunduh file yang blogger masukan. Berdasarkan penjelasan mengenai pengertian blog dari beberapa ahli, maka kelompok penulis mendefinisikan bahwa blog merupakan tulisan atau catatan pribadi seseorang yang dipublikasikan ke dalam media online yaitu blog.


B.  Fungsi dari Blog

Blog memiliki fungsi yang beragam sesuai dengan keperluan pengguna. Berikut merupakan beberapa fungsi dari blog:
1.     Blog bisa digunakan sebagai sebuah catatan harian
Fungsi blog yang satu ini lebih ditekankan kepada keseharian pemilik blog itu sendiri, seperti pengalaman hidup dan curahan hati. Maka dari itu blog semata-mata hanya untuk kepentingan diri saja dan bersifat pribadi. Biasanya blog yang seperti ini hanya diperlihatkan kepada sebagian orang saja, seperti teman, keluarga, rekan kerja, ataupun kerabat.

2.     Blog sebagai media untuk berbisnis
Blog bisnis merupakan blog yang dipergunakan untuk melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan usaha seseorang, seperti usaha berdagang dengan menawarkan produk-produknya melalui blog. Selain itu ada juga yang menawarkan jasa, toko online, jual beli, dan masih banyak lagi blog usaha yang lainnya.

3.     Media untuk berbagi informasi
Blog ada juga yang berguna sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi kepada khalayak umum. Jenis blog seperti ini sangat bagus karena lebih mengutamakan kepentingan pembacanya. Sebagai contoh, seorang bloggeryang memiliki pengetahuan atau keahlian tertentu maka dapat berbagi ilmu, tips, maupun trik yang dapat dipublikasikan melalui blog pribadinya.

4.     Blog sebagai media promosi atau iklan
Jenis blog ini lebih diperuntukkan kepada pemilik blog yang ingin mengedarkan barang, jasa, maupun produk orang lain dengan maksud dan tujuan untuk mendapat upah dari orang yang sudah dipromosikan jasa atau produknya.


C.  Manfaat dari Blog
Manfaat blog yang didapatkan oleh setiap blogger bisa jadi berbeda-beda, tergantung pada tujuan awal pembuatan suatu blog. Selain bermanfaat bagi blogger, blog tentunya memberikan manfaat juga bagi pembaca. Berikut manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah blog:
1.     Menambah Ilmu
Suatu blog berisikan berbagai macam informasi yang dimuat oleh blogger. Postingan yang telah diposting tersebut dapat berupa artikel yang membahas suatu ilmu pengetahuan tertentu, pengalaman, tips, trik, dan lain sebagainya. Pembaca blog dapat membaca dan sekaligus mendapat ilmu yang berguna dari postingan di blog. Selain itu, pembaca dapat berinteraksi atau berdiskusi melalui kolom komentar yang nantinya juga dapat menambah ilmu dari kedua belah pihak.

2.     Menjadi Seorang Researcher (Peneliti)
Saat seorang blogger pemula sudah memahami cara membuat blog, tentunya akan menghasilkan tulisan berupa postingan. Namun tentunya, blogger yang baik saat akan membuat suatu artikel tidak asal menulis begitu saja.Blogger akan mempertimbangkan manfaat apa yang akan diterima pembaca,karena tujuan dari membuat blog adalah pengunjung atau pembaca blogmendapatkan informasi yang baik dan bermanfaat. Untuk menulis sesuatu yang baik, benar, dan bermanfaat tersebut seorang blogger harus melakukan sedikit research atau penelitian.Dalam hal ini mencari referensi, baik dari buku, dialog dengan teman, atau yang paling sering dilakukan adalah lewat search engine terutama Google. Dari berbagai sumber yang bisa digunakan, blogger pasti akan menemukan hal-hal baru lewat proses membaca. Blogger akan semakin tahu bagaimana melakukan penelitian sederhana bahkan singkat dan merangkumnya dalam sebuah artikel orisinal yang informatif dan berguna untuk orang lain.


3.     Menjadi Penulis yang Lebih Baik
Hampir mirip dengan poin di atas, blogger secara tidak langsung akan semakin terbiasa menulis. Secara alami seorang blogger pasti akan mencoba menyusun kalimat dan paragraf menjadi susunan kata-kata yang baik. Hal tersebut harus dilatih supaya artikel yang dihasilkan menarik dan nyaman dibaca oleh pengunjung blog. Tentu saja hal itu akan meningkatkan kemampuan blogger dalam menulis atau menuangkan isi pikiran serta isi hati dalam bentuk tulisan. 

4.     Menjadi Terkenal
Seorang blogger yang sudah menghasilkan banyak artikel di blog pribadinya bisa saja menjadi terkenal. Hal tersebut bisa terjadi, karena artikel yang telah blogger tersebut hasilkan bermanfaat dan dibaca banyak orang. Maka dari itu, menjadi seorang blogger harus bisa menggali dan menambah wawasannya supaya dapat menghasilkan artikel yang bermanfaat bagi banyak orang.

5.     Menambah Teman dan Relasi
Blogger terdiri dari banyak kalangan, profesi, usia, dan dari seluruh dunia. Blogger bisa saling berinteraksi setiap saat tanpa dibatasi ruang dan waktu. Jika kita tertarik menjadi seorang blogger, maka manfaat yang bisa didapat yaitu pergaulan menjadi semakin luas dan menambah teman baru.


6.     Membantu Orang Lain
Jika seorang blogger mempunyai tips-tips atau penge-tahuan dalam bidang tertentu yang bermanfaat bagi orang lain, pastilah pengunjung atau pembaca blog akan merasa sangat terbantu dengan tulisan-tulisan yang telah dibuat. Jadi, dengan menulis artikel-artikel dalam sebuah blog, seorang blogger bisa membantu orang lain.


7.     Menghasilkan Uang
Sebuah blog selain bermanfaat untuk membagikan postingan dari blogger kepada pembaca, juga bisa menghasilkan uang.Hal tersebut bisa terjadi karena semakinbanyak orang yang mengunjungi blog. Salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah melalui program periklanan yang biasa disebut PPC (Paid Per Click).  Jadi,seorang blogger dibayar berdasarkan per klik iklan yang dilakukan pengunjung oleh advertiser penyedia jasa periklananbaik luar maupun dalam negeri. Bayangkan jika harga per klik adalah Rp 1.000,00 dan dalam sehari ada 1.500 pengunjung blog, taruhlah hanya 10% yang mengeklik iklan berarti 150 klik, penghasilan yang bloger dapatmencapai Rp 150.000 per hari dan tanpa sibuk bekerja. Itulah beberapa manfaat positif yang bisa didapatkan melalui blog.


D.  Jenis-Jenis Blog

Sejak munculnya blog sampai sekarang, jenis blog terus berkembang. Semula blog hanya bersifat pribadi, kini menjadi lebih beragam. Berikut ini adalah jenis-jenis blog yang dapat dikasifiklasikan dari sekian banyak blog yang berada di internet:
   Blog politik : blog  yang  berisi  informasi  tentang politik, baik profil, kampanye politik, maupun propaganda.

● Blog pribadi : blog milik perorangan yang biasanya memuat artikel sesuai dengan minat dan hobi si pemilik blog.
●  Blog bertopik : blog yang dikhususkan untuk membahas tentang topik tertentu, misalnya membahas tentang potografi, bisnis online, pemrograman, dan lain-lain.
    Blog kesehatan : blog yang membahas tentang informasi kesehatan.
    Blog sastra : blog yang berisi artikel-artikel berbau sastra dan seni, baik yang bersifat lokal, regional, nasional, maupun internasional.
    Blog perjalanan atau traveling : blog yang membahas tentang informasi pariwisata bagi para pehobi traveling.
   Blog riset atau penelitian : Blog yang berisi jurnal penelitian dan riset milik perorangan maupun institusi riset, baik swasta maupun pemerintah.
  Blog media : blog yang memuat tentang informasi terkini  sebuah  media  pemberitaan baik  cetak maupun elektronik, misalnya http://blog.liputan6.com.
      Blog agama : blog yang berisi tentang artikel-artikel keagamaan.
●  Blog pendidikan :  blog  yang  berisi  opini  tentang  kependidikan,  atau  blog milik institusi pendidikan.
●  Blog bisnis :  blog  yang  memuat informasi dan referensi  tentang  bisnis online, informasi tentang peluang usaha, dan hal-hal yang berbau bisnis. Contohnyahttp://onlinebisnis.web.id dan http://corsaar.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar