Halaman

Sabtu, 30 November 2019

Mengenal Media Massa

Media massa adalah suatu alat yang digunakan dalam menyampaikan pesan menggunakan alat komunikasi mekanis dari sumber pesan ke penerima pesan atau khalayak umum, Cangara (2002). Isi media massa umumnya terbagi tiga bagian atau tiga jenis tulisan yang merupakan produk jurnalistik atau jenis-jenis tulisan jurnalistik, yakni:

1. Berita ( News)
Menurut Mickhel V. Charniey (Romli, 2009:5) berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian pembaca, serta menyangkut kepentingan mereka. Menurut J.B. Wahyudi, arti berita adalah suatu laporan tentang peristiwa atau pendapat yang memilki nilai penting, menarik bagi sebagian khalayak, masih baru, dan dipublikasikan melalui media massa periodic dalam bentuk tulisan, gambar, audio, atau video.
Syarat-syarat sebuah berita, yaitu:
1. Fakta, informasi yang disampaikan dalam berita harus sesuai dengan fakta yang sebenarnya di lapangan.
2. Aktual, informasi yang disampaikan merupakan fakta terkini dimana jarak waktu antara kejadian dan penyiaran berdekatan.
3. Akurat, isi berita harus melalui proses konfirmasi dari pihak terkait sehingga akurat dan tidak dibuat-buat untuk kepentingan tertentu.
4. Menarik, cara penyampaian berita harus dibuat semenarik mungkin tanpa mengesampingkan tujuan utama dari berita tersebut, yaitu manfaatnya bagi pembaca/ pendengar.
5. Mudah Dimengerti, penggunaan dan penyampaian kata di dalam berita harus menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti oleh masyarakat awam.


2. Opini (Views)
Opini adalah suatu berita yang menyampaikan informasi berdasarkan pendapat seseorang tentang sesuatu hal. Pada umumnya, pendapat tersebut berasal dari seorang ahli, cendekiawan, atau pejabat.
Ciri-ciri dari opini:
1. Bersifat Subjektif
Inti dari isi suatu opini adalah pemahaman dan penilaian seseorang tentang suatu kejadian dimana pendapat tersebut muncul berdasarkan pengetahuan, pengalaman, harapan atau keinginan. Dengan kata lain, setiap orang kemungkinan besar akan memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang suatu kejadian yang sama.

2. Menjelaskan Tentang Hal Tertentu
Isi suatu opini menjelaskan tentang sesuatu hal (peristiwa ataupun objek), dengan memperhatikan gejala-gejala lalu memberikan prediksi, harapan, dan saran terhadap hal tersebut.

3. Kebenarannya Masih Diragukan
Isi suatu opini belum dapat dipastikan kebenarannya sehingga perlu diuji dan dibuktikan. Itulah sebabnya dalam mengungkapkan opini biasanya selalu menggunakan kata mungkin, misal, menurut saya, dan lainnya.


3. Karangan Khas (Feature)
Menurut Daniel R. Williamson “dalam Sudarman, 2008: 179” feature ialah artikel yang kreatif, kadang-kadang subjektif yang dirancang terutama untuk menghibur dan memberitahu pembaca tentang suatu peristiwa atau kejadian, situasi atau aspek kehidupan seseorang. Tulisan feature berbeda dengan berita, berita identik dengan kecepatan makin cepat makin up to date, makin lama maka berita semakin basi. Sedangkan untuk menulis feature si penulis harus memiliki kepekaan untuk memilih objek dan membawakannya secara memikat. Penulis harus memilih bagian yang paling kuat untuk tulisannya, kalaupun beropini, maka tulisan itu tidak ketara mengemukakan opininya.
Karakteristik Feature, antara lain:
1. Kreatif
Feature memungkinkan penulis menciptakan sebuah cerita “dengan teknik berkisah” dan tentu saja buka cerita fiktif “karena feature tetap menggunakan fakta yang ada alam penulisannya”.
2. Informatif
3. Meskipun feature terkadang tidak memiliki nilai berita tapi feature merupakan tulisan yang didalamnya memiliki informasi yang berdasarkan dengan fakta tentang suatu situasi, peristiwa atau aspek lainnya.
3. Menghibur
Feature memberikan keleluasaan kepada penulisa dalam menulis feature, namun tetap berdasarkan data, fakta dan bersifat eksklusif.
4. Awet
Feature merupajan jenis soft news yang tidak memiliki tenggat waktu dalam penulisannya dengan kata lain kapanpun feature itu ditertibkan, feature selalu menarik untuk dibaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar