Halaman

Sabtu, 30 November 2019

Definisi Berita


Halo guys, taukah kalian apa itu berita? Jika kalian belum mengetahui pengertian berita, mari kita simak pembahasan berikut ini.
Berita berasal dari Bahasa sansakerta,  yaitu Vrit yang dalam Bahasa Inggris disebut write, yang artinya adalah ada atau terjadi. Sebagian ada yang menyebut dengan Vritta, artinya “kejadian” atau “ yang telah terjadi”. Vritta dalam Bahasa Indonesia menjadi berita atau warta. Pengertian berita menurut KBBI adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.  Menurut Wikipedia berita  adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak. Teks berita merupakan teks yang berisi tentang segala peristiwa yang terjadi di dunia yang disebarkan melalui berbagai media seperti radio, televisi, internet, situs web maupun media yang lainnya.
Menurut Suhandang (2004), dalam buku Pengantar Jurnalistik Seputar Organisasi, berita adalah pemberitahuan tentang segala peristiwa actual yang menarik perhatian orang banyak. Sedangkan, menurut Haris Sumadiria (2005:65), dalam buku Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature, berita adalah  laporan tercepat mengenai ide atau fakta terbaru yang benar, menarik dan penting bagi sebagaian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media massa lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar