Halaman

Jumat, 29 November 2019

Pengelolaan Blog


Cara Mengelola Blog yang Baik dan Benar:
1.      Menyajikan Tampilan Blog yang Menarik
Hal pertama yang diperhatikan saat memulai blog adalah menyiapkan jenis tampilan blog yang akan digunakan. Sebagian blogger mengira bahwa tampilan blog yang terlihat meriah, akan menarik pembaca untuk mengunjungi blog mereka, namun pemikiran tersebut ternyata salah. Pengunjung hanya berfokus pada informasi yang disajikan, bukan kepada tampilan blog. Maka dari itu, jika akan membuat blog jangan menyajikan tampilan blog dengan beragam widget yang membuat konsentrasi membaca pengunjung blog menjadi terganggu.

Untuk membuat pembaca nyaman dan tertarik dengan postingan di blog, maka hal yang harus dilakukan adalah membuat tampilan blog yang sederhana seperti blog-blog sukses yang ada yaitu Dailyblogtips.com, Panduanim.com dan Sugeng.id. Meskipun blog-blog tersebut menyajikan blog yang sederhana, namun memiliki kesan isi yang mendalam.


2.      Menulis Artikel
Sebuah blog yang tampilannya menarik saja, tidak cukup untuk menarik minat pembaca. Blogger perlu menyeimbangkan antara tampilan dan isi dari artikel yang diunggah ke blog. Pembaca tentunya lebih fokus kepada mencari informasi yang unik dan menambah pengetahuan. Maka dari itu, seorang blogger perlu memiliki konten yang memadai bagi pembaca. Blogger perlu menulis artikel secara teratur untuk menghidupi blog pribadinya sebagai salah satu cara mengelola blog yang baik.


3.      Hindari Plagiat Artikel

Seorang blogger yang sudah berhasil menyelesaikan artikel pertama, sebaiknya jangan langsung dipublikasikan ke blog. Artikel tersebut perlu diteliti ulang supaya terhindar dari plagiarisme. Masalah plagiarisme muncul ketika penulis atau blogger mengambil beberapa materi orang lain dan menggabungkannya menjadi tulisan yang baru. Pada umumnya proses menulis artikel membutuhkan waktu beberapa jam, namun karena ingin menyelesaikan artikel dengan cepat maka bisa saja blogger mengambil jalan pintas dengan cara mengambil materi secara acak dan mentah dari beberapa tulisan kemudian merangkumnya menjadi tulisan sendiri.

Perbuatan tersebut tentunya termasuk ke dalam pelanggaran plagiarisme. Jika artikel yang dihasilkan blogger terdeteksi plagiat, maka pihak Google mengintai pelanggaran  tersebut dan blog terkena pinalti. Akibat yang paling parah yaitu, jika pengaduan datang dari pemilik asli konten maka akan dilaporkan ke DCMA dan potensi blog dihapus dari mesin pencari Google sangat mungkin terjadi. 


4.      Blogger Mudah Bersosialisasi

Blogger yang telah memiliki blog, tentunya akan mengenal blogger yang lain. Seorang blogger yang cerdas perlu menjalin komunikasi dengan blogger lain, baik itu yang sudah terkenal atau masih dalam tahap pengembangan otoritas. Dalam berinteraksi dengan blogger lain tersebut, bisa melalui beberapa cara diantaranya adalah melalui pesan komentar yang masuk melalui postingan blog. Blogger bisa membalas komentar yang masuk dari pembaca tersebut. Usahakan dalam menjawab pertanyaan pembaca, blogger menjawabnya dengan baik, santun, dan memenuhi rasa ingin tahu pembaca.

Selain itu, blogger juga bisa berkomentar pada blog yang lain. Hal tersebut sebagai timbal balik yang positif sesama blogger. Sebaiknya dalam berkomnetar, berikan komentar yang positif dan mencerdaskan dalam rangka mendukung sesama blogger.


5.      Optimasi Mesin Pencari

Dalam usaha mengelola blog yang baik dan benar, seorang blogger perlu mengoptimasi mesin pencari. Blog yang sudah dimiliki didaftarkan pada mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain-lain kemudian submit blog pada webmaster mereka.
Cara yang lain yaitu, seorang blogger bisa melakukan teknik blogwalking. Blogwalking dilakukan dengan cara berkomentar pada halaman blog orang lain dengan meninggalkan link aktif. Optimasi yang lain, yaitu dengan submit blog pada berbagai direktori blog dan sosial bookmark.


Oke, kami sudah mengulas mengenai pengelolaan blog di atas. Semoga informasi yang kami ulas dapat menjadi manfaat dan sumber pengetahuan bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar