Halaman

Selasa, 12 November 2019

Rubrik Dan Isi Media Massa

Halo sahabat mata pena, taukah kalian apa itu rubrik? Bagaima dengan isi media massa, apakah kalian juga tahu yang dimaksud dengan isi media massa? Sesuai dengan judul yang akan kita bahas hari ini, kita akan mengulas seluk beluk Rubrik Dan Isi Media Massa. Mari simak penjelasan berikut ini.

Menurut KBBI, rubrik adalah kepala karangan (ruangan tetap) dalam surat kabar, majalah, dan sebagainya: surat kabar membuka—untuk menampung pendapat pembaca. Menurut KBBI, rubrik adalah kepala karangan (ruangan tetap) dalam surat kabar, majalah, dan sebagainya: surat kabar membuka—untuk menampung pendapat pembaca.secara umum, rubrik adalah ruangan yang ada disurat kabar. Dari beberapa pengertian mengenai rubrik, dapat diartikan bahwa rubrik adalah halaman atau ruang yang memuat tulisan-tulisan tertentu seperti kepala karangan dalam surat kabar, majalah dan lain sebagainya.

Menurut Effendy dalam bukunya yang berjudul “Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, rubrik memiliki beberapa jenis atau kategori yang bermacam-macam. Beberapa jenis rubrik yang dimaksud yaitu, rubrik Informasi, rubrik edukasi, dan rubrik rekreasi. Rubrik Informasi memuat pesan atau informasi yang ingin disampaikan (contoh: Pertemuan “rapat kerja, penataran, konferensi, dan lain sebagainya”), rubrik edukasi memuat ajaran yang edukatif dan bertujuan untuk mendidik (contoh: Artikel “pengetahuan, keterampilan, keagamaan, dan lain-lain”), rubrik rekreasi bertujuan untuk menghibur (contoh: Anekdot, cerita pendek).

Apa itu media massa? Media massa adalah suatu alat yang digunakan dalam menyampaikan pesan menggunakan alat komunikasi mekanis dari sumber pesan ke penerima pesan atau khalayak umum, Cangara (2002). Lalu bagaimana dengan isi media massa? Isi media massa umumnya terbagi tiga bagian atau tiga jenis tulisan yang merupakan produk jurnalistik atau jenis-jenis tulisan jurnalistik, yakni berita, opini, dan karangan khas.

Berita merupakan laporan suatu peristiwa atau kejadian yang didukung dengan fakta dan data kemudian dipublikasikan untuk menarik perhatian khalayak pada sebuah informasi yang disampaikan dalam laporan berita. Syarat sebuah berita yaitu, fakta (sesuai dengan kejadian yang sebenarya terjadi), aktual (fakta yang disampaikan disajikan saat sedang hangat-hangatnya terjadi), akurat (isi berita harus bisa dipercaya sumber dan asal usul informasi yang diperoleh), dan menarik (dapat memberi manfaat dan menarik perhatian pembaca/pendengar).

Oke sahabat mata pena, kita sudah mengulas mengenai rubrik dan isi media massa di atas, semoga informasi yang kita ulas dapat menjadi manfaat dan sumber pengetahuan bagi kita semua.

2 komentar:

  1. Cukup bagus dan menambah wawasan baru

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas motivasinya... Semoga kami bisa memberi info dan wawasan yang baik lagi...

    BalasHapus