Halaman

Sabtu, 30 November 2019

Karakteristik Surat Kabar

Kalian sudah tahu belum apa saja ciri-ciri sebuah surat kabar? Kalau belum, mari kita simak penjelasan dibawah ini.


Menurut Effendy, surat kabar memiliki empat ciri yang dapat dikatakan sebagai syarat yang harus dipenuhi oleh surat kabar, antara lain :

1. Publisitas (Publicity), yang berarti melakukan penyebaran infromasi kepada khalayak umum atau kepada publik. Karena diperuntukkan untuk khalayak umum, isi atau informasi dalam surat kabar ini terdiri dari berbagai kepentingan yang berkaitan dengan umum. Untuk itu, suatu penerbitan yang meskipun sama dengan surat kabar tidak dapat disebut sebagai surat kabar jika hanya ditujukan kepada sekelompok orang atau golongan.
2. Periodisitas (Periodicity), artinya keteraturan dalam penerbitannya. Keteraturan dalam penerbitan ini bisa dalam satu kali sehari bisa juga satu atau dua kali terbit dalam satu minggunya.
3.Universalitas (Universality), artinya kemestaan dan keragaman (umum) isi informasi yang di dapat dari berbagai penjuru dunia. Sebuah penerbitan berkala yang isinya hanya mengkhususkan diri pada suatu profesi atau aspek kehidupan, seperti majalah kedokteran, arsitektur, koperasi atau pertanian tidak termasuk dalam surat kabar. Karena isinya hanya mengenai salah satu aspek kehidupan saja.
4. Aktualitas (Actuality), kata asalnya aktualitas yang berarti ‘kini’ dan ‘keadaan sebenarnya’. Keduanya erat sekali dengan berita yang disiarkan surat kabar. Aktualitas dalam surat kabar berarti kecepatan laporan, tanpa menyampingkan pentingya kebenaran berita (Effendy, 1993:119-121).

Selain keempat karakteristik di atas, Gunadi (1998) menambahkan bahwa surat kabar juga harus memiliki sifat terdokumentasi dan faktualitas, yang artinya :


Terdokumentasi maksudnya, setiap surat kabar yang diterbitkan harus memiliki catatan waktu, tempat, kejadian dan segala hal yang bersifat sejarah. Hal tersebut akan mempermudah apabila akan dilakukan penelitian terhadap suatu kejadian dikemudian hari. Kemudian Faktualitas maksudnya, setiap informasi yang disajikan dalam surat kabar harus sesuai fakta dan kejadian yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar